Muhammadiyah adalah organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang dakwah Islamiyah, ber-amar makruf nahi mungkar berdasarkan al-Qur’an dan Hadist sehingga tercipta masyarakat Islam yang sebenar-benarnya yang diridloi Allah SWT.  Salah satu upaya untuk mewujudkannya, Muhammadiyah menciptakan amal usaha yang bergerak di berbagai bidang. Namun, yang paling utama adalah pendidikan, kesehatan, dan sosial ekonomi.

Khusus  bidang pendidikan, Muhammadiyah sudah menunjukkan kinerja maksimal yang sudah lebih dari satu abad. Muhammadiyah kini telah memiliki lebih dari 20.000 (dua puluh ribu) sekolah yang tersebar di seluruh penjuru tanah air, mulai tingkat SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/SMK/MA, hingga perguruan tinggi. Ini merupakan bukti konkret komitmen Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional dalam menyelesaiakan permasalahan bangsa.

Dalam pengelolaan amal usaha bidang pendidikan ini, Muhammadiyah mendelegasikannya pada Majelis Pendidikan Tinggi untuk perguruan tinggi (Majelis Dikti) dan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Majelis Dikdasmen) untuk tingkat dasar dan menengah. Majelis Dikti hanya berkedudukan di tingkat pusat sedangkan Majelis Dikdasmen berkedudukan mulai dari tingkat pusat hingga tingkat Cabang (kecamatan).

Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur sendiri mengelola 937 sekolah/madrasah di Provinsi Jawa Timur. Selain itu, berbagai macam kegiatan yang inovatif untuk menciptakan dan mengembangkan semangat bersaing dan meningkatkan kualitas sekolah, pimpinan sekolah, guru, dan murid secara berkala telah dilaksanakan. Kegiatan tersebut diantaranya: kompetisi sekolah unggul, Diksuspala (pendidikan khusus kepala sekolah), pelatihan kompetensi guru dan karyawan, seminar, workshop, olimpiade, pentas seni dan budaya yang melibatkan siswa di sekolah, dan kerjasama dengan sekolah-sekolah di Jepang, Australia, Singapore, Malaysia, dan Turki dan negara lain.